• Organisasi Santri Ponpes. Al-furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut Periodisasi 2017-2018




                 Organisasi adalah sekumpulan orang antara dua orang atau lebih yang disusun secara rapih dengan memiliki struktur tata hubungan kerja dengan orang lain yang memiliki bagian atau fungsi masing-masing yang di pimpin oleh seorang ketua dengan bekerja bersama-sama mencapai tujuan yang sama.
                Dengan adanya organisasi, maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak akan  memiliki hubungan dari satu pihak dengan yang lain lebih jelas. Dengan demikia kecil kemungkinan akan terjadinya kesalah pahaman dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing pihak. Tetapi bagi pihak yang tidak mengetahui tugas pokok dan fungsinya sendiri maka itu akan menghambat kinerja pihak yang lainnya, maka ketika kita beroganisasi disarankan harus mengetahui terlebih dahulu apa tugas pokok dan fungsi kita di organisasi tersebut.
                     Setiap organisasi pasti memiliki tujuan utama yang menghasilkan keberuntungan karena berdirinya organisasi tersebut, maka setiap organisasi itu harus memiliki tiga unsur, yaitu orang, kerjasama, tujuan bersama.
               
    Begitupun di Ponpes. Al-furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut, di pondok ini memiliki organisasi yang berfungsi untuk memberi suritauladan yang baik, mendisiplinkan, merapihkan, memimpin, dan mengurus seluruh kegiatan yang di lakukan santriwan dan santriawati selama 24 jam dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Organisasi ini sering di sebut mudabbir. Mudabbir ini adalah orang-orang yang mengurus keseluruhan aktivitas yang dilakukan santriawan dan santriawati selama 24 jam penuh baik dalam kedisiplinan, kerapihan, maupun dalam ketaatan kepada Allah SWT. Para mudabbir ini adalah para senior yang sudah lama studi di Ponpes. Al-furqon, mereka adalah santriawan dan santriawati yang menduduki bangku kelas 5 atau kelas XI SMA.
               Tidaklah gampang untuk menjadi seorang mudabbir di Pondok ini, karena ketika kita sudah menduduki bangku kelas 5 atau XI SMA maka kita akan mengalami masa pelatihan  kepemimpinan yang dilakukan oleh para mudabbir terdahulu dan para alumni yang hadir pada saat itu. Di pelatihan tersebut kita akan diberikan arahan-arahan dan ujian mental baik bersifat individu maupun kelompok untuk bekal kita nanti ketika sudah di lantik menjadi mudabbir di Ponpes. Al-furqon ini. Masa pelatihan tersebut dinamakan Upgrading. Dari namanya saja sudah Upgrad, jadi kita akan di Upgrad segala sesuatu kita mulai dari kedisiplinan hingga kedewasaan kita.

                    Maka dengan kita mengikuti organisasi yang ada kita akan mendapatkan pengalaman yang takkan pernah terlupakan karena di dalam sebuah organisasi itu banyak sekali keuntungan-keuntungannya, mulai dari sikap kita terhadap suatu urusan hingga cara berpikir kita akan berbeda dengan orang yang tidak mengikuti organisasi.
           Maka saya pun sangat bersyukur kepada Allah SWT dan juga pihak Ponpes. Al-furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi salah satu mudabbir pada masa periodisasi 2017-2018 dengan jabatan Sekretaris Umum. Disana saya banyak sekali mendapatkan ilmu dan pengalaman yang takkan pernah terlupakan sampai kapanpun karena disanalah saya mengetahui bagaimana cara bersikap dengan baik, bagaimana memimpin yang baik, bagaimana menjalin kekompakan dan membangun solidaritas yang tinggi dan bagaimana cara menghormati kepada orang yang ada di atas saya. Terima kasih Al-furqon, dengan memberinkannya saya kesempatan menjadi seorang mudabbir saya dapat memahami segala arti dari kebersamaan.
    Refferensi :


    Santri Al-furqon

     Kang Emil_17



  • You might also like

Diberdayakan oleh Blogger.