• Santri Al Furqon Cibiuk Gelar Festival Bahasa Inggris

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar
    INILAH, Garut-Dalam upaya membangkitkan minat para santri belajar Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan berbahasa internasional tersebut, jajaran pengurus yang juga santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School (MBS) Cibiuk Kabupaten Garut menggelar Festival Bahasa “First of Language Festival” selama dua hari, Kamis-Jum’at (5-6/4/18) ini. 
     
    Pada acara bertajuk “Wonderfull Indonesia” digelar di lingkungan Ponpes Al-Furqon MBS Cibiuk Jalan Pulobaru Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk itu digelar sejumlah perlombaan berbahasa Arab, dan Inggris dimeriahkan hiburan bernuansa Islami.

    Menurut Ketua Panitia Pelaksana Ihsan Kamil, acara tersebut kali pertama digelar dengan tujuan membangkitkan minat belajar para santri dan santriwati khususnya di lingkungan Ponpes Al-Furqon MBS Cibiuk terhadap Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Sehingga dapat memicu semangat mereka untuk terus mengasah serta meningkatkan kemampuan mereka berbahasa Arab, dan Inggris 

    Bahasa Inggris penting dipelajari karena merupakan bahasa internasional yang diakui hampir semua negara di dunia. Sebagai bahasa standar berkomunikasi antarbangsa, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini. Banyak informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi menggunakan bahasa Inggris.

    Sedangkan belajar Bahasa Arab, selain sebatas bahasa internasional khususnya antarnegara Islam, Bahasa Arab juga merupakan Bahasa Umat Islam. Bahasa Arab wajib dipelajari umat Islam. Bagaimanapun, Al Qur’an, dan As Sunnah/Al Hadits menggunakan Bahasa Arab. Rasululloh juga orang Arab. Do’a-do’a dalam berbagai aktivitas ibadah menggunakan Bahasa Arab. Sehingga bisa dikatakan belajar Bahasa Arab bukan saja untuk kepentingan dunia melainkan hingga akhirat.

    “Festival Bahasa ini mencakup Bahasa Arab, dan Inggris. Sedangkan Bahasa Indonesia sebagai penerjemah. Pesertanya dikhususkan kalangan santri Al-Furqon MBS Cibiuk, perwakilan dari tiap kelas, mulai tingkat SMP sampai SMA. Kecuali mereka yang sedang sibuk bersiap menghadapi Ujian Nasional,” kata Ihsan didampingi Fasilitator Muhammad Agim Syamsul Ma’arif yang juga sama-sama santri kelas XI Ponpes Al-Furqon MBS Cibiuk, Selasa (3/4/18).

    Penanggung Jawab Kegiatan M Rizky Abdullah menambahkan, pada kegiatan dimulai Kamis pagi hingga Jum’at sore itu terdapat sedikitnya lima jenis lomba ditampilkan. Yakni Mufrodat Challenge, Story Telling, Poem, Pidato Dua Bahasa Arab-Inggris, dan Billingual Drama.

    Dalam pelaksanaannya, jenis lomba tersebut ada yang bersifat perorangan, dan ada juga bersifat kelompok, atau grup.

    “Khusus pada Kamis malam bakda ‘Isya, digelar pentas seni, Billingual Drama. Rencananya, sejumlah orang tua/wali santri juga akan hadir menyaksikan,” kata Rizky diamini Bidang Dokumentasi Mumtaz Syamil, keduanya juga masih santri kelas XI Ponpes Al-Furqon MBS Cibiuk.[jek]

    Sumber: inilahkoran.com
  • You might also like

Diberdayakan oleh Blogger.